Hidup Anda Dibentuk Oleh Pikiran Anda

| Senin, April 17, 2017 |
Amsal 4:23 "Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan."

Tuhan jauh lebih tertarik untuk mengubah pikiran Anda, daripada mengubah keadaan Anda.

Kita ingin Tuhan mengangkat semua masalah, rasa sakit, kesedihan, penderitaan, penyakit, dan kesedihan kita. Tetapi Tuhan ingin mengubah Anda dulu, sebab transformasi tak akan terjadi di dalam hidup Anda sampai Anda memperbaharui pikiran Anda.

Mengapa begitu penting untuk belajar mengelola pikiran Anda? Ada tiga alasannya sebagai berikut.

Kelola pikiran Anda, karena pikiran Anda mengendalikan hidup Anda.
Amsal 4:23 mengatakan, "Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan." Kekuatan pikiran Anda punya kemampuan luar biasa untuk membentuk hidup Anda, baik atau buruk. Misalnya, mungkin Anda menerima pemikiran seseorang yang diucapkan kepada Anda ketika Anda tumbuh dewasa, "Kau tidak berguna. Kau tidak penting." Jika Anda sepakat dengan pemikiran itu, meskipun itu salah, itu akan membentuk hidup Anda.

Kelola pikiran Anda, karena itu adalah medan peperangan bagi dosa.
Semua godaan terjadi di dalam pikiran Anda. Paulus mengatakan dalam Roma 7: 22-23, "Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah, tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku."
Salah satu alasan mengapa Anda lelah secara mental yaitu karena berlangsung pertempuran di otak Anda 24 jam sehari. Ini meletihkan sebab peperangan ini begitu intens. Mengapa? Karena pikiran Anda adalah aset terbesar Anda. Setan ingin menguasai aset terbesar Anda!

Kelola pikiran Anda, karena itu adalah kunci dari damai sejahtera dan kebahagiaan.
Pikiran yang tak terkendali menyebabkan ketegangan. Pikiran yang terkendali membawa ketenangan. Pikiran yang tak terkendali mengantarkan pada konflik. Pikiran yang terkendali membuat Anda percaya diri. Pikiran yang tak terkendali menimbulkan stres. Bila Anda tidak berusaha mengendalikan pikiran serta cara mengarahkan pikiran Anda, maka Anda akan mengalami stres hebat. Tapi sebaliknya, pikiran yang terkendali memberi Anda kekuatan dan keamanan dan ketenangan.

"Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera" (Roma 8: 6).


Renungkan hal ini:

Apa yang Anda isi ke dalam pikiran Anda yang menyenangkan Tuhan? Apa yang Anda isi ke dalam pikiran Anda yang mengecewakan Tuhan?

Bagaimana Anda belajar mengelola pikiran Anda?

Apa peranan Alkitab dalam mengelola pikiran Anda?


Bacaan Alkitab Setahun :
1 Samuel 30-31; Lukas 13:23-25


Serahkanlah pikiran Anda untuk dikuasai oleh Tuhan seluruhnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top