Yang Harus Dipikirkan Sebelum Anda Mabuk di Musim Liburan Ini

| Selasa, Desember 06, 2016 |
Efesus 5:18 "Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh"

Apakah pantas orang Kristen mabuk?

Alkitab memberitahu kita sebuah kisah tentang Yohanes Pembaptis yang telah ditugaskan oleh Allah semenjak ia di dalam di rahim ibunya. Dalam Lukas 1:15, malaikat Tuhan berkata bahwa Yohanes, "Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya;"

Yohanes Pembaptis memberi kita teladan yang baik sepanjang hidupnya: ia tidak minum anggur atau minuman keras. Secara pribadi, saya tidak minum sama sekali. Itu, agaknya, karena saya dibesarkan di rumah yang akrab dengan minuman keras dan telah melihat betapa besar kehancuran yang didatangkan oleh minuman, saya sama sekali tak melihat ada satu pun hal baik dari minum minuman keras. Yang saya lihat hanya ada hal buruk yang timbul dari sana: rumah tangga yang hancur, kekerasan, kecelakaan, orang tewas karena pengemudi yang mabuk, kecanduan, kesehatan yang terancam. . . dan masih banyak lagi. 

Mabuk tidak akan pernah membuat sesuatu jadi lebih baik, yang ada hanya lebih buruk. Semua ilustrasi tentang kemabukan digambarkan oleh Alkitab selalu berakhir dengan bencana. 

Nuh mabuk, dan dalam keadaan telanjang, ia bertindak tanpa malu. Lot mabuk dan kedua putrinya melakukan incest atau hubungan sedarah dengan dia. Belsyazar, dalam Daniel 5, pesta anggur dan menyembah dewa-dewa. Dan di malam itu pula ia kehilangan tahtanya. 

Banyak kerajaan, keluarga, karir, pelayanan, dan kehidupan tersesat karena minuman keras. 

"Tapi aku bebas untuk minum, Greg!" sebagian orang berkata pada saya. Saya tidak bisa sepenuhnya memperdebatkan hal ini. Saya pribadi pun punya kebebasan untuk minum sebanyak yang saya mau, tapi saya memilih untuk tidak minum! Seperti yang dikatakan Paulus kepada jemaat di Korintus, "Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun" (1 Korintus 6 :12). Saya tidak ingin berada di bawah kuasa siapa pun atau apa pun, kecuali Yesus Kristus!

Berikut sebuah pemikiran revolusioner: Jika Anda tidak minum, Anda tidak akan pernah mabuk. Jika Anda minum, Anda mungkin akan mabuk. Apakah itu sebanding dengan resikonya?

Berikut satu pertanyaan lagi untuk Anda: Akankah yang Anda sebut-sebut sebagai kebebasan Anda itu bisa menyebabkan orang percaya lainnya tersandung dalam iman mereka? 1 Korintus 8:9 mengatakan, "Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah."

Yohanes Pembaptis tidak pernah menyentuh alkohol, tapi sebaliknya, ia "penuh dengan Roh." Alkitab mengatakan, "Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh." (Efesus 5:18). 


Bacaan Alkitab Setahun :
Habakuk 1; I Petrus 4-5


Lebih baik dipenuhi dengan Roh Kudus daripada dipenuhi dengan roh-roh
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greg Laurie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top