Iblis Memutarbalikkan Firman Allah

| Kamis, Juni 09, 2016 |

Kejadian 3:1 "Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?"

Ada sebuah kisah tentang seorang komedian bernama W. C. Fields yang menceritakan bagaimana sesaat sebelum ia meninggal, ia membolak-balik halaman-halaman Alkitab. Ketika ditanya apa sedang ia lakukan, Fields menjawab, "Sedang mencari celah." 

Ini sama dengan kita, menurut saya Iblis telah membaca Alkitab untuk waktu yang lama, berusaha untuk mencari celah. Di Taman Eden, ia memutarbalikkan Firman Allah. Iblis mengambil kata-kata yang difirmankan Allah kepada Adam, yaitu membolehkannya makan dari setiap pohon di Taman itu (dengan satu pengecualian), dan kemudian memutarbalikkan kata-kata itu menjadi sebuah larangan yang dirancang untuk membuat Adam meragukan kebaikan Allah. 

Dia berkata pada Hawa, pada intinya, "Jika Tuhan benar-benar mengasihimu, Ia pasti akan membiarkanmu makan dari setiap pohon apapun yang kau mau. Tapi jika Ia melarangmu makan dari pohon itu, itu sudah jelas bahwa Ia tidak mengasihimu." 

Kata-kata Iblis pertama yang diucapkan pada Hawa yang berakhir dengan tanda tanya, dirancang untuk meragukan kasih Allah: Apa Allah memang benar-benar mengatakan? Iblis mengutip kata-kata Allah, namun ia memutarbalikkan apa yang Tuhan katakan 360 derajat.

Ini sama dengan godaan yang Setan berikan kepada Yesus, katanya, "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu" (Matius 4:6). Ucapannya ini menarik. Iblis mengutip Alkitab, meski ia menghilangkan beberapa bagian dari teks aslinya. 

Tapi perhatikan, ketika Adam bersama Hawa, ia mempertanyakan Firman Allah. Adam tidak menyangkal jika Allah telah berfirman seperti itu; ia hanya mempertanyakan apakah Allah benar-benar mengatakan apa yang menurut Hawa tidak seperti itu. Itulah yang Iblis akan lakukan dengan Firman Allah. Iblis akan dengan sengaja salah mengutipnya. Iblis akan dengan sengaja salah mengartikannya. Dan Iblis akan dengan sengaja memutarbalikkannya.

Bacaan Alkitab Setahun :
2 Tawarikh 32-33; Yohanes 18:19-40

Iblis akan dengan sengaja memutarbalikkan Firman Allah untuk menyesatkan manusia, karena itu berjaga-jagalah senantiasa 
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greg Laurie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top