Jangan Melawan Godaan, Larilah!

| Rabu, April 29, 2015 |

1 Korintus 16:13 Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat!

Banyak orang terintimidasi oleh kenyataan bahwa mereka sedang tergoda. Mereka berpikir, Seharusnya aku tidak berada di sana waktu itu. Seharusnya aku bisa mengendalikan situasi yang ada. Tapi Anda tidak perlu merasa bersalah. Adalah dosa jika menyerah pada godaan. Alkitab mengatakan bahwa Yesus berhadapan dengan setiap godaan yang ada, tapi Ia tak pernah jatuh ke dalam dosa. Godaan bukanlah dosa, tapi bagaimana cara Anda menanggapinyalah yang bisa menjadi dosan.

Alkitab mengatakan bahwa kita perlu melarikan diri dari godaan: Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat! (1 Korintus 16:13). "Berjaga-jaga" berarti mengetahui apa yang menggoda Anda, supaya Anda bisa menjauh darinya.

Ada dua hal yang perlu Anda jauhi: situasi dan orang-orang yang menggoyahkan iman Anda. Salah satu pendeta di Gereja Saddleback, John Baker, mengatakan, "Jika Anda sering bergaul di salon, lama-lama Anda akan tergoda untuk menggunting rambut Anda. Benar sekali! Jika Anda punya masalah dengan alkohol, jangan pergi ke bar untuk makan sandwich. Menjauhlah dari tempat itu. Anda harus tahu apa, kapan, di mana, dan siapa yang bisa menggoda Anda, lalu menjauhlah dari situasi dan orang-orang disana.

Jika Anda mudah tergoda di toko buku bandara, jangan pergi ke sana. Jika Anda tergoda oleh saluran TV tertentu, berhenti berlangganan saluran tersebut. Kami memasang pemblokir saluran TV, dan orang yang paling muda di rumah kami adalah istri saya, Kay. Anak-anak kami tidak tinggal bersama kami lagi, tapi saya tak mau mengambil resiko saat mengganti saluran TV lalu tiba-tiba muncul hal-hal yang tak pantas dilihat.

Anda juga perlu menghindari orang-orang yang bisa menggoyahkan iman Anda. Alkitab mengatakan dalam 1 Korintus 15:33, "Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik. Ada beberapa orang yang harus berhenti Anda temui. Mungkin ada beberapa teman yang seharusnya tidak menjadi teman Anda, karena mereka mudah sekali menarik Anda ke dalam dosa. Apabila mereka membawa Anda menjauh dari Kristus, mereka bukanlah teman. Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

Lalu apa yang harus Anda lakukan apabila Anda sudah berusaha menghindari situasi dan pergaulan yang menggoda ini, namun masih saja Anda terjebak di dalamnya? Keluar! Jangan hanya berjalan santai-lari keluar dari sana! Jangan melawannya; keluar dari sana dan kejar hal-hal baik dalam kehidupan.

Renungkan hal ini: 

Apa situasi atau keadaan, dimana Anda tahu akan tergoda? Apa rencana Anda untuk menghindari situasi semacam itu?

Siapa saja teman-teman yang membantu Anda dalam perjalanan Anda bersama Kristus, dan yang bisa membantu Anda dalam pergumulan akan godaan? Mengapa penting untuk menerima dorongan- dorongan seperti ini?

Apa saja hal-hal atau pikiran yang memuliakan Allah, yang dapat Anda terapkan untuk keluar dari godaan?

Bacaan Alkitab Setahun :
2 Samuel 21-22; Lukas 18:24-43

Jangan melawan ataupun menantang godaan. Sebelum Anda siap dan percaya bahwa Anda bisa mengalahkan godaan maka segeralah menghindar.(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top