Kekacauan Kecil

| Senin, Maret 09, 2015 |

Lukas 19:45-46 Lalu Yesus masuk ke Bait Allah dan mulailah Ia mengusir semua pedagang di situ, kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis: Rumah-Ku adalah rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun."

Saya dan Istri saya, Cathe, sangat berbeda dalam hal bersih-bersih. Metode yang saya pakai sama dengan moto orang yang suka menunda-nunda pekerjaan: Jangan lakukan apa yang bisa kau kerjakan hari ini, jika kau bisa menundanya sampai besok. Metode Cathe adalah membersihkan dan merapihkan dengan teratur supaya di kemudian hari, yang berantakan tidak menjadi tambah berantakan. Jelas, metode yang ia pakai lebih efektif.

Dalam Lukas 19, kita membaca kisah Yesus membersihkan rumah Allah, seraya masuk ke dalam Bait dan mengusir semua pedagang di sana. Para pedagang ini mengambil keuntungan dari orang-orang dan itu membuat mereka enggan bertemu dengan Allah, dan ini membuat marah Yesus.

Ini adalah kedua kalinya dalam Alkitab dimana Yesus membersihkan Bait Allah. Dalam Injil Yohanes, kita membaca bahwa Dia bahkan menggunakan cambuk untuk mengusir para pedagang. Sebab kekacauan kecil telah berubah menjadi kekacauan besar, maka Yesus datang untuk membersihkan Bait itu lagi.

Kejadian ini sama dengan hidup kita. Pada mulanya ketika kita datang kepada Kristus, kita meminta pengampunan-Nya dan Dia mengampuni kita atas semua kejahatan kita. Bahkan, kita membaca dalam 2 Korintus 5:17, "Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. Sungguh satu hal yang indah mengetahui bahwa Allah telah mengampuni segala dosa kita.

Namun dengan berjalannya waktu, kadang sebagian dari dosa-dosa lama kita berhasil menemukan jalan mereka kembali masuk ke dalam kehidupan kita. Dan yang kita sebut sebagai dosa "kecil" kian hari kian tumbuh menjadi sebuah masalah besar.

Apakah saat ini Bait Anda perlu dibersihkan? Apakah ada beberapa hal dalam hidup Anda yang seharusnya tidak berada di sana saat ini? Apakah ada beberapa perbuatan jahat atau kebiasaan buruk yang telah menemukan jalan mereka kembali masuk ke dalam hidup Anda? Jika demikian, taklukkan mereka sekarang juga.

Bacaan Alkitab Setahun :
Ulangan 5-7; Markus 11:1-18

Jangan biarkan kekacauan kecil berubah menjadi besar, kuasailah diri dan jadilah bijak (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greg Laurie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top