Terdorong Keluar

| Kamis, Januari 22, 2015 |

Lukas 8:14 Yang jatuh dalam semak duri ialah orang yang telah mendengar firman itu, dan dalam pertumbuhan selanjutnya mereka terhimpit oleh kekuatiran dan kekayaan dan kenikmatan hidup, sehingga mereka tidak menghasilkan buah yang matang.

Saya selalu kagum dengan ilalang. Yang biasa kita lakukan dalam menanam bunga yaitu memetik sekuntum bunga kecil, tanam di lokasi yang sempurna, siram, dan pastikan tak ada hama yang merusaknya. Anda bisa berikan treatment yang terbaik, dan bunga itu perlahan-lahan pasti akan tumbuh. Tapi kemudian, dalam jangka waktu yang bersamaan, beberapa ilalang kecil juga muncul dari sela-sela kecil trotoar jalan dan mulai mendorong keluar bunga tersebut.

Tapi ilalang tidak serta merta keluar dari tanah, memegang erat bunga, dan mulai menggoncangkan-goncangkannya. Proses ini bertahap. Pertama tumbuh sekuntum bunga, lalu ilalang muncul. Keesokan harinya, ilalang ini tumbuh semakin dekat. Dan begitu seterusnya sampai ilalang itu mulai menyelimuti bunga itu dan menghimpit pertumbuhannya.

Itulah yang Yesus ajarkan dalam perumpamaan tentang penabur: Yang jatuh dalam semak duri ialah orang yang telah mendengar firman itu, dan dalam pertumbuhan selanjutnya mereka terhimpit oleh kekuatiran dan kekayaan dan kenikmatan hidup, sehingga mereka tidak menghasilkan buah yang matang (Lukas 8:14). Ini bukan sesuatu yang terjadi dalam waktu semalam; ini butuh jangka waktu yang lama.

Saya juga menemukan hal menarik yang mengatakan bahwa "kekuatiran dan kekayaandan kenikmatan hiduplah yang mencegah benih Firman Allah tumbuh dan menghasilkan buah. Itu semua merupakan hal-hal baik yang berubah menjadi hal yang paling penting dalam hidup kita, dan yang kemudian menghimpit perumbuhan rohani kita.

Ini bukan gambaran seseorang yang menolak mentah-mentah untuk berdoa, membaca Alkitab, atau pergi ke gereja. Sebaliknya, ini merupakan gambaran seseorang yang berpikir bahwa hal-hal ini adalah baik dilakukan. Lalu seiring berjalannya waktu, mereka semakin tidak tertarik dengan Kristus, dan hal-hal duniawi ini menjadi lebih penting buat mereka ketimbang hal-hal surgawi. Itulah yang menghimpit kehidupan rohani mereka.

Bacaan Alkitab Setahun :
Keluaran 1-3; Matius 14:1-21

Jangan sampai Anda terdorong keluar dan semakin menjauh dari kasih Kristus (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greg Laurie).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top