Seperti Domba

| Rabu, Januari 14, 2015 |

1 Petrus 2:25 Sebab dahulu kamu sesat seperti domba, tetapi sekarang kamu telah kembali kepada gembala dan pemelihara jiwamu.

Di lebih dari satu kesempatan, Alkitab mengumpamakan orang-orang Kristen dengan domba. Saya tidak tahu apakah harus gembira dengan perumpamaan ini karena domba bukanlah hewan paling cerdas di bumi ini. Alangkah menyenangkan jika Allah mengumpamakan kita dengan lumba-lumba. Itu baru hewan yang cerdas! Saya pernah berkesempatan mengobrol dengan seorang pelatih lumba-lumba. Saya bertanya padanya,"Apakah lumba-lumba itu benar-benar secerdas yang kita kira?

Jawabnya, "Dalam beberapa hal, ya, dalam beberapa hal, tidak. Lumba-lumba sangat cerdas dalam banyak hal karena mereka dapat membaca simbol dan paham artinya." Bagi saya ini sungguh menakjubkan.

Tetapi Yesus tidak membandingkan kita dengan lumba-lumba, melainkan dengan domba. Dan domba adalah hewan terbodoh yang pernah ada. Mereka lemah, mudah takut, tidak bisa berjalan sangat cepat, dan kurang berusaha untuk membela diri. Terlebih lagi, mereka butuh perawatan dan perhatian yang terus menerus. Domba dikenal karena berjalan mengikuti satu sama lain, bahkan sampai mati. Telah didokumentasikan bahwa jika satu domba terjun dari tebing, maka yang lain akan mengikuti.

Alkitab mengatakan, "Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian (Yesaya 53:6). Coba pikir berapa banyak orang yang telah jatuh ke kebohongan yang sama, dari generasi ke generasi. Mereka jatuh ke dalam sampah yang sama, kecanduan yang sama, dan perangkap yang sama, lagi dan lagi.

Kita seperti domba. Itulah faktanya. Pertanyaannya adalah, apakah Anda akan menjadi domba yang pintar atau yang bodoh?

Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 33-35; Matius 10:1-20

Domba yang pintar tinggal dekat dengan Gembalanya, dan disitulah kita semua harus berada.(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greg Laurie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top