Mengejar Ikan Sarden

| Sabtu, Januari 24, 2015 |

Matius 22:37-39 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Beberapa tahun lalu, tiga ratus paus ditemukan terdampar di sebuah pantai. Para ilmuwan berspekulasi bahwa paus tersebut tengah mengejar ikan-ikan sarden, lalu terjebak di perairan dangkal saat air laut pasang. Bukankah ini satu hal yang menakjubkan? Hanya dengan mengejar ikan sarden yang kecil, makhluk raksasa ini pada akhirnya mengantarkan diri mereka sendiri pada maut.

Hal ini sama dengan manusia, ibaratnya banyak orang membuang-buang hidup mereka dengan mengejar ikan sarden. Mereka mengejar hal-hal tak penting dan tak punya fokus dan tujuan yang jelas dalam benaknya. Tapi Allah mengajarkan kita apa yang seharusnya menjadi tujuan utama dari setiap orang Kristen. Jika kita bisa meluruskan prioritas-prioritas kita, maka segalanya akan berjalan dengan selaras. Bahkan, jika kita bisa melaksanakan kedua prinsip ini dalam hidup kita, maka Anda akan dengan sendirinya melaksanakan semua perintah Allah, sebagai bentuk nyata komitmen Anda kepada-Nya. Apa prinsip-prinsip itu? Satu, "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu ( Matius 22:37), dan yang kedua, Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri (ayat 39).

Ketika Yesus mengajarkan ke dua hukum kasih ini, Dia sedang mengidentifikasi apa yang harus menjadi fokus dari setiap orang. Pada dasarnya, Ia mengatakan bahwa kasih adalah dasar atas semua ketaatan. Jika Anda benar-benar mengasihi Allah, maka Anda akan secara alami ingin melakukan hal-hal yang menyenangkan Dia.

Telah dikatakan bahwa jika Anda tak punya tujuan dalam hidup, maka Anda tak akan mendapatkan apapun. Apa prioritas utama Anda? Apa cita-cita Anda? Kita semua menyalurkan energi, semangat, dan pemikiran kita terhadap sesuatu dalam hidup. Apa sesuatu itu bagi Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Keluaran 9-11; Matius 15:21-39

Kasih adalah dasar atas semua ketaatan karena itu lakukan hal-hal yang menyenangkan hati-Nya (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greg Laurie).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top