Kerusakan Halus

| Senin, Januari 12, 2015 |

Amsal 20:19 "Siapa mengumpat, membuka rahasia, sebab itu janganlah engkau bergaul dengan orang yang bocor mulut."

Di antara sekian banyak cara yang bisa digunakan untuk menyakiti orang lain, tiga di antaranya adalah fitnah, gossip, dan sanjungan.

Kata yang digunakan untuk memfitnah dalam bahasa Ibrani ibaratnya seperti memata-matai.
Ini merupakan gambaran tentang seseorang yang mengumpulkan petunjuk dan informasi dari sana-sini tentang sifat seseorang, lalu menghubung-hubungkan informasi tersebut dengan orang yang kita beritahu.

Gosip sifatnya lebih halus, karena bisa dibungkus dengan kata-kata yang lebih enak didengar.
Biasanya orang akan berkata, Apa kau sudah dengar? atau Sebenarnya saya pribadi tidak percaya, tapi memang begitu yang saya dengar.
Ada lagi yang paling sering saya dengar: Biasanya saya tidak memberitahu hal-hal semacam ini pada orang lain, tapi sepertinya tidak jadi masalah.
Jadi, jangan bilang siapa-siapa.

Tentu saja, kita sebagai orang Kristen sering mengemas gosip secara rohani: Saya harus memberi tahu Anda tentang hal ini, supaya Anda juga bisa mendoakan mereka.
Tapi seberapa sering kita tidak menggosipinya dan benar-benar mendoakannya?

Cara yang lebih halus lagi ialah sanjungan.
Sanjungan itu ibaratnya kebohongan mewah.
Ini seperti Anda mengatakan sesuatu yang sangat tidak benar kepada seseorang demi menyenangkan, mendapat perhatian, atau pengakuan dari orang tersebut, meski sebenarnya Anda tak ingin mengucapkannya sama sekali.
Ini definisi yang paling tepat tentang sanjungan dan gosip: Mengatakan sesuatu di belakang seseorang, yang tak akan pernah Anda katakan di depan orang tersebut.

Itulah mengapa Yakobus mengatakan pada kita, "Sebab kita semua bersalah dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya." (Yakobus 3:2).
Inilah tanda dari iman yang sejati.

Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 29-30; Matius 9:1-17

Gosip sifatnya lebih halus karena bisa dibungkus dengan kata-kata yang indah dan enak di dengar, namun di dalam gosip mengandung banyak pelanggaran
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greg Laurie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top