Budgeting: Kenali Posisi Keuangan Anda

| Jumat, Januari 30, 2015 |

Amsal 24:3 Dengan hikmat rumah didirikan, dengan kepandaian itu ditegakkan,

Salah satu langkah paling penting menuju kebebasan finansial ialah dengan membuat daftar semua harta benda yang Anda punya, semua hutang yang Anda punya, dan semua pemasukan yang Anda terima. Seperti ini caranya mencatat keuangan-prinsip dasar akuntansi.

Alkitab mengatakan, Dengan hikmat rumah didirikan, dengan kepandaian itu ditegakkan (Amsal 24:3). Anda bijak dengan uang Anda ketika Anda tahu dimana dia berada, kemana dia pergi, dan dari mana asalnya.

Orang bilang uang berbicara. Tidak, uang tidak berbicara! Ia justru pergi meninggalkan Anda dengan diam-diam. Jika Anda sudah sampai di akhir bulan dan bertanya, "Kenapa uang saya sudah habis? Itu berarti Anda tidak membuat anggaran belanja. Sebab jika Anda punya anggaran belanja, Anda intinya mengatakan kepada uang Anda kemana ia harus pergi, ketimbang bertanya- tanya kemana ia perginya. Penganggaran berarti pengeluaran yang dirancanakan.

Mengapa prinsip mencatat dan mengetahui seberapa besar hutang, pendapatan, dan harta benda Anda begitu penting? Karena ketidaktahuan ditambah kredit yang mudah didapat itu sama dengan bencana!

Saat Anda hendak pergi ke sebuah toko, jangan membawa kartu kredit. Sebab jika Anda tak tahu apakah akan mampu membayarnya atau tidak, sebenarnya Anda sudah berada dalam bahaya. Sungguh bodoh memutuskan sesuatu sebelum tahu fakta-faktanya. Tidak bijak membeli sesuatu sebelum Anda tahu apakah Anda mampu membayarnya kemudian atau tidak. Satu-satunya cara untuk mengetahui di mana posisi keuangan Anda saat ini ialah dengan mencatat keuangan dan menganggarkan pengeluaran Anda.

Terjemahan lain dari Amsal 24:3 mengatakan, Rumah dibangun oleh kebijaksanaaan, diteguhkan oleh pengertian, dan diperkaya oleh pengetahuan.

Buatlah catatan keuangan Anda, kenali kondisi keuangan Anda dengan baik, dan hiduplah sesuai dengan leman plan Anda.

Renungkan hal ini :

Apa yang menahan Anda untuk jujur melihat kondisi keuangan Anda saat ini? Apa yang perlu Anda lakukan untuk mengubahnya?

Dalam bidang-bidang apa saja dalam kehidupan Anda dimana begitu sulit mengerem pengeluaran Anda?

Menurut Anda bagaimana Tuhan ingin Anda memprioritaskan pengeluaran Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Keluaran 21-22; Matius 19

Mari gunakan berkat yang Tuhan beri dengan bijaksana. Buatlah perencanaan yang matang dan jadilah pengelola yang baik.(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top