Melewati Pemeriksaan

| Selasa, Oktober 14, 2014 |

2 Korintus 5:10 "Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat."

Jika Anda pernah terlibat dalam proyek pembangunan, Anda pasti tahu jika proyek itu harus melewati inspeksi tahap akhir. Kadang proyek itu lolos, tapi kadang juga tidak dan Anda harus memperbaiki kekurangan yang tidak memenuhi ekspektasi sang pengawas. 

Rasul Paulus menjelaskan tentang pemeriksaan masa depan bagi orang percaya dalam 2 Korintus 5:10. Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat." Kata "jahat" dalam bahasa aslinya berarti "malapetaka." Ini juga bisa diterjemahkan menjadi "yang baik, meski tak berarti" atau "yang baik, meski tak berguna."Paulus berbicara tentang orang-orang Kristen yang sudah diselamatkan oleh kasih karunia Allah dan yang sudah menaruh iman mereka di dalam Yesus, tapi sebelumnya pernah menjalani kehidupan yang sia- sia. 

Kita semua dibangun di atas pondasi, dan pondasi itu haruslah Kristus. Bahan bangunan yang kita gunakan amatlah penting. Sebuah parafrase dari 1 Korintus 3:10-15 menjelaskannya begini:

"Berhati-hatilah dalam memilih bahan bangunan Anda. Di akhir hari nanti akan ada pemeriksaan. Jika Anda menggunakan bahan murah atau kualitas rendah, Anda pasti akan ketahuan. Pemeriksaan akan dilaksanakan dengan begitu teliti dan ketat. Anda tidak akan bisa lolos. Jika pekerjaan Anda berhasil lolos inspeksi, itu bagus; jika tidak, bangunan yang Anda kerjakan akan dirobohkan dan Anda harus mulai dari awal lagi. Kabar baiknya Anda tidak akan dirobohkan; Anda akan bertahan-tapi hanya saja, akan nyaris runtuh."

Suatu hari kita akan berdiri di hadapan Allah, dan Dia akan melihat bahan bangunan apa yang telah kita gunakan. Sebagian dari kita akan lulus. Namun yang lain akan mendengar Dia berkata, "Kau diterima. Aku mengasihimu. Tapi sesungguhnya kau tidak benar-benar lulus dari pemeriksaan-Ku, karena Aku tahu kau seharusnya bisa berbuat lebih dari ini." 

Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 44-47; Filipi 4 : 10-23

Akankah kehidupan yang sedang Anda bangun lulus dari pemeriksaan-Nya? (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greeg Laurie).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top